Tahukah Anda bahwa survei Guharoy & Morgan yang dipublikasikan melalui Jakarta Post pada tahun 2012 menunjukkan bahwa 20% dari rakyat Indonesia berusia 14 tahun ke atas menggunakan internet. Jadi, setidaknya ada 30 juta rakyat Indonesia melek internet dan mencari informasi melalui internet.
Satu tahun kemudian, berdasarkan data terbaru dari Asosiasi Penyelenggara Jasa Internet di Indonesia, jumlah pengguna internet di Indonesia pada tahun 2013 sudah mencapai angka 71,19 juta pengguna. Ini adalah jumlah yang sangat besar dan berpeluang makin berkembang di tahun 2014 ini. Anda bisa bayangkan, sejumlah ini lah orang yang bisa Anda prospek menjadi pelanggan Anda, disesuaikan dengan target pasar Anda.
Pertumbuhan jumlah pengguna internet ini tentu saja menjadi angin segar untuk perkembangan pemasaran produk dan jasa bagi Usaha Kecil Menengah (UKM) di Indonesia. Pemasaran online bisa menjadi ujung tombak dalam mengembangkan bisnis dan pemasaran.
Nilai pasar periklanan online di Indonesia pada tahun 2012 lalu mencapai Rp1,6 triliun, dan diproyeksikan akan meningkat dengan pesat pada 2016 menjadi Rp13,3 triliun rupiah (berdasarkan riset eMarketer).
Namun demikian, tentu saja dibutuhkan strategi yang tepat agar pemasaran online yang dilakukan menjadi lebih optimal dengan Return of Investment (ROI) yang terukur. Salah satu strategi yang bisa digunakan adalah dengan pemanfaatan teknologi pemasaran Google Adwords. Mengapa demikian?
Google Adwords mengundang lebih banyak pengguna internet ke website perusahaan,
Dengan Google Adwords, iklan yang kita buat akan lebih tepat sasaran,
Beriklan menggunakan Google Adwords memudahkan kita mengontrol budget iklan,
Sistem Google Adwords memberikan laporan data-data yang akurat pemasaran
Data-data tersebut memudahkan kita menentukan strategi selanjutnya
Google memiliki jaringan iklan yang sangat luas untuk segala jenis usaha, di dalam maupun luar negeri, dengan dukungan multi bahasa. Faktanya, Google tampil sebagai pemakan porsi kue iklan terbanyak, yaitu sebesar 33,24% di tingkat global.
P.S. Anda juga bisa melihat informasi-informasi berkaitan dengan
manfaat dan strategi pemasaran Google Adwords pada artikel-artikel kami sebelumnya.
Dengan melihat fakta perkembangan pengguna internet di Indonesia dan manfaat-manfaat yang diberikan oleh Google Adwords dalam bidang pemasaran di atas, bisa kita simpulkan bahwa Google Adwords adalah masa depan pemasaran di Indonesia yang sesungguhnya!
Jadi, sudahkah Anda menggunakan sistem periklanan Google Adwords untuk pemasaran produk/jasa Anda?
Jika belum, bergabunglah bersama
periklanan Google Adwords kami dan raih kesuksesan usaha Anda!
SUMBER
This is dummy text. It is not meant to be read. Accordingly, it is difficult to figure out when to end it. But then, this is dummy text. It is not meant to be read. Period.